-->

11 Tempat Wisata Di Kota Semarang Yang Menarik

7 Mei 2019
Kota Semarang merupakan ibu kota Provinsi Jawa Tengah yang termasuk dalam salah satu kota besar di Indonesia. Kota ini terkenal dengan Simpang Limanya, dimana tempat ini sudah menjadi ikon bagi Kota Semarang. Dalam dunia pariwisata Semarang memiliki berbagai macam tempat wisata dan tempat nongkrong yang layak dikunjungi. Diantaranya berupa wisata alam, wisata religi, wisata sejarah dan lainnya. Dalam pembahasan ini, 11 tempat wisata Kota Semarang yang Menarik Untuk Dikunjungi.

1. Lawang Sewu
Lawang Sewu merupkan salah satu Ikon bersejarah bagi Kota Semarang. Bangunan kuno ini memiliki pintu dan jendela yang sangat banyak, sehingga masyarakat menyebutnya dengan Lawang Sewu. Saat ini Lawang Sewu difungsikan sebagai kantor Djawatan Kereta Api Republik Indonesia (DKARI) atau sekarang PT Kereta Api Indonesia. Bangunan ini dulunya sempat terlantar, namun kemudian berhasil dipugar kembali dan saat ini menjadi museum yang dikelola oleh PT. Kereta Api Indonesia. Yang dulunya merupakan kantor dari Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS.

2. Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT)
Wisata yang satu ini tergolong unik, bangunan adalah sebuah masjid dengan bangunan yang megah dengan arsitektur yang sangat menawan. Sehingga dapat dijadikan sebagai tempat wisata. Luas area sekitar 10 hektar dengan luas bangunan inti yang berupa masjid adalah seluas 7669 meter persegi. Gaya arsitektur masjid ini adalah perpaduan antara gaya Jawa dan Yunani. Selain itu dalam kawasan terdapat Museum Perkembangan Islam Jawa Tengah yang terletak di Tower Asmaul Husna. Dimana di tower terdapat resto yang berada di lantai 18 dan dari dalam resto ini anda dapat melihat keindahan Kota Semarang dari atasnya. Bukan hanya itu, kita juga dapat menginap di Hotel Graha Agung yang letaknya masih dalam satu kawasan dengan Masjid Agung Jawa Tengah ini.

3. Water Blaster Bukit Candi Golf
Disebut juga dengan Water Blaster Semarang yang merupakan sebuah tempat wisata air yang banyak diminati khususnya keluarga. Dengan berbagai macam wahana permainan air yang tentunya sangat menyenangkan. Terdapat 8 unit wahana permainan air. Dan salah satu wahana yang favorit saat ini adalah jalur luncur sepanjang 230 meter dengan jalur yang berkelok-kelok sehingga dapat memacu adrenalin. Selain itu masih dalam kawasan wisata ini, juga tersedia flying fox dengan ketinggian 23 meter dan panjang 105 meter. Lokasi Water Blaster Semarang sendiri berada di Jalan Bukit Candi Golf No. 1 Semarang.

4. Kebun Binatang Mangkang
Obyek wisata Kebun Binatang Mangkang dikenal oleh masyarakat lokal dengan berbagai macam nama. Untuk nama resminya yaitu Taman Marga Satwa Semarang, namun umumnya masyarakat lebih menyebutnya Kebun Binatang Semarang atau Bonbin Mangkang yang karena lokasinya berada dalam daerah Mangkang. Pada tahun 2014, Kebun binatang mangkang memiliki 52 jenis satwa. Berekreasi bersama keluarga serta memberikan edukasi kepada anak-anak merupakan hal yang dapat kita temui disini.

5. Wonderia
Selanjutnya adalah Taman rekreasi Wonderia Semarang. Wonderia Semarang menyuguhkan sebuah tempat wisata yang cocok untuk keluarga. Karena memiliki berbagai macam permainan yang sangat cocok untuk anak-anak, seperti Merry Go Round, Kiddy Boat, Super Rally, Boom Boom Car, Space Gyro, Ghost House, dan Typhoon Coaster dll. Pada saat musim liburan biasanya kunjungan keluarga dan rombongan banyak yang mendatangi tempat ini karena selain harga tiketnya murah, berbagai jenis permainan yang disediakan juga sangat menyenangkan. Anda dapat datang ke alamat Taman Rekreasi Wonderia di Jalan Sriwijaya 29, Kota Semarang.

6. Pantai Maron
Karena Kota Semarang merupakan salah satu kota yang berada di tepi pantai laut, maka kota ini memiliki beberapa pantai yang dijadikan sebagai wisata pantai. Salah satu pantai yang ada di Kota Semarang adalah Pantai Maron Pantai yang berdekatan dengan Bandara Ahmad Yani. Namun untuk mencapainya anda harus ekstra hati-hati karena di jalan menuju lokasi wisata ini masih berupa tanah yang dipadatkan dan bergelombang. Hal ini menyebabkan kesulitan bagi pengunjung yang membawa mobil pribadi. Jadi saran kami apabila ingin berkunjung ke tempat ini mending menggunakan sepeda motor atau sepeda. Umumnya warga Semarang banyak yang memilih bersepeda untuk mengunjungi keindahan Pantai Maron di Kota Semarang ini.

7. Pantai Marina
Wisata Pantai yang ada di Kota Semarang lainnya adalah Pantai Marina. Kalau Pantai Maron berdekatan dengan Bandara Ahmad Yani, Pantai Marina sendiri berdekatan dengan Kompleks PRPP. Selain menikmati keindahan alamnya, pengunjung juga dapat naik perahu mengelilingi area sekitar Pantai Marina serta dapat juga memancing ikan. Tempat WIsata Pantai Marina juga termasuk dalam salah satu alternatif wisata bagi warga Kota Semarang dan sekitarnya.

8. Kampung wisata Taman Lele
Destinasi wisata lainnya di Kota Semarang adalah Kampung Wisata Taman Lele. Taman Lele sebelumnya adalah kebun binatang yang awalnya terletak di Tegalwareng. Pada tahun 1985 kebun binatang ini dipindahkan di 2 lokasi yang berbeda, yaitu di Taman wisata Tinjomoyo dan Taman Lele yang sekarang. Kebun binatang yang di Tinjomoyo sendiri kemudian dipindah lagi ke Kebun Binatang Mangkang. Dinamakan Taman Lele karena pada zaman dahulu tempat tersebut terdapat sebuah pohon beringin yang sangat besar. Dibawah pohon ini terdapat mata air yang banyak ikan lelenya. Di lokasi Kampung Lele ini wisatawan dapat menikmati danau buatan yang dikelilingi dengan gazebo, kolam renang, kebun binatang mini dll.

9. Pagoda Buddhagaya Watugong
Wisata Semarang yang satu ini merupakan salah satu wisata yang unik yang ada di Kota Semarang yaitu Vihara Buddhagaya Watugong. Pada ddasarnya Vihara ini adalah tempat beribadah umat agama Budha. Namun selain untuk ibadah vihara ini juga dibka untuk masyarakat umum apabila berkenan melihatnya. Di Vihara ini terdapat Pagoda Avalokitesvara yang sudah jadi ikon Vihara ini. Pagoda Avalokitesvara di Vihara Buddhagaya Watugong Semarang telah ditetapkan oleh MURI sebagai Pagoda tertinggi di Indonesia denagn tinggi 45 meter serta memiliki 7 tingkat. Di dalam pagoda terdapat beberapa patung seperti Patung Dewi Kwan Im, Patung sang Buddha dll.

10. Klenteng Sam poo kong
Kelenteng Sam Po Kong atau juga dikenal dengan Gedung Batu merupaka tempat yang bersejarah. Di tempat ini dipercaya sebagai tempat pendaratan Laksamana terkenal dari China yaitu Laksamana Cheng Ho ketika mengunjungi Pulau Jawa pada tahun 1400 an. Peristiwa pendaratan Laksamana Cheng Ho ini selain diabadikan dalam bentuk Klenteng Sam Poo Kong juga diadakan sebuah perayaan yang diadakan dengan mengadakan arak-arakan yang dimulai di Kuil Tay Kak Sie di Gan Lombok kemudian dilanjutkan mengarak Patung Sam Poo Kong ke Gedong Batu.

11. Kota Lama Semarang
Tempat wisata di Kota Semarang terakhir yang akan kita bahas disini adalah Kota Lama Semarang. Di kawasan ini banyak sekali terdapat berbagai macam bangunan kuno peninggalan Pemerintah Kolonial Belanda. Keberadaan Kota Lama ini menunjukkan bahwa Kota Semarang sejak dulu sudah menjadi sentra perekonomian dan pusat pemerintahan. Beberapa bangunan kuo yang sampai sekarang masih berdiri kokoh adalah Bank Mandiri, Asuransi Jiwa Sraya, Pabrik Rokok Praoe Lajar, Stasiun Tawang, Gereja Blenduk dan Polder Air tawang. Untuk lebih menambah sensasi menikmati eksotisme Kota Lama Semarang ini, sekarang sudah tersedia Bus pariwisata yang siap mengantarkan anda berkeliling menikmati Kota Lama Semarang. Bus Pariwisata ini diberi nama Semarjawi, yang merupakan singkatan dari Semarang Jalan-jalan Wisata. Bus ini di operasikan sejak tanggal 28 Oktober 2014 oleh PT Telekomunikasi Selular dan telah diresmikan oleh Bapak Walikota Semarang Hendrar Prihadi.
Share
Kampoeng Terkait
Komentar