-->

8 objek wisata populer Indonesia yang mendunia selain Bali

21 Mei 2019
Memang tidak dapat dipungkiri oleh siapapun wisatawan, baik wisatawan domestik maupun manca, jika Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan wisata alam, budaya, kuliner dan boaanyak lagi. Salah satunya adalah tujuan wisata dunia yang sudah begitu terkenal sejak dari dulu, yaitu Bali. Dengan suguhan keindahan wisata alam, dan kearifan lokalnya yang unik.

wisata Indonesia yang mendunia

Namun Indonesia memang super kaya akan wisatanya, sehingga selain Bali terdapat beberapa tempat wisata yang telah mendunia. Berikut 8 wisata populer di Indonesia yang mendunia diantaranya  :

1. Kepulauan Raja Ampat (Papua Barat)

Keindahannya yang tak perlu diragukan lagi bukan?! sebab Raja Ampat masuk ke dalam daftar 10 perairan terbaik diving site sedunia. Dengan suguhan pemandangan alamnya yang begitu menarik, terlebih kekayaan ekosistem bawah lautnya yang begitu kaya. Dimana dalam kawasan Raja Ampat  yang terdiri dari 4 pulau yaitu Waigeo, Salawati, Batanta, dan Misool, terdapat sekitar 75% spesies laut dunia yang tinggal di dalamnya.

2. Gunung Bromo (Jawa Timur)

Berkuda, mendaki dan panorama alam khususnya saat berada dipuncak gunung, merupakan suguhan yang mampu memantik wisatawan tuk berkunjung dan berkunjung lagi ke gunung berapi yang masih aktif ini. Selain itu, pemandangan fantastis dan spektakuler dari puncak gunung Bromo dan suguhan keindahan akan sunset dan sunrise pun turut menunjukkan bahwa Gunung Boromo memang layak menjadi salah satu objek wisata yang mendunia.

3. Pulau Komodo (Nusa Tenggara Timur)

Selanjutnya cagar alam nasional yaitu Pulau Komodo yang merupakan rumah bagi ratusan hewan endemik Komodo yang dilindungi di Indonesia. Dari namanya saja kita sudah pasti tahu, jika penghuni yang telah tinggal sejak beribu-ribu tahun lalu ini merupakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan asing. Selain itu di tahun 2013 pulau Komodo resmi menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia. New 7 Wonders. 

4. Tanah toraja (Sulawesi Selatan)

Bukan alam, tapi suguhan keseharian dan tradisi masyarakat ala Tana Toraja yang unik yang mampu menarik hati wisatawan dunia. Salah satu yang begitu tersohor adalah dari kearifan lokalnya yaitu upacara kematian yang dikenal sebagai Rambu Solo yang biasanya diselenggarakan pada Juli dan Agustus. Tak berhenti sampai disitu, Tanah Toraja yang berada di kawasan pegunungan, selain memiliki keunikan adat dan budaya juga memiliki arsitektur rumahyang masih tradisional dan masih terjaga hingga saat ini


5. Candi Borobudur (Jawa Tengah)

Hayo... siapa yang tak kenal Candi Borobudur?! Khususnya di hari libur, candi yang berada di wilayah Magelang ini selalu ramai oleh para pengunjung baik manca apalagi domestik (dekat soalnya). Bagaimana tidak, jika bangunan bersejarah yang begitu megah berdiri ini mampu membuat hati pengunjungnya berdecak kagum akan kemegahannya. Sehingga tidak heran, kalau Candi Borobudur ini merupakan salah satu ikon wisata budaya Indonesia yang mendunia. Tapi bukan hanya sebagai warisan budaya, Borobudur juga memiliki nilai sejarah khususnya agama Budha. Archa dan berbagai relief yang menceritakan mengenai ajaran agama Budha serta perjalanan hidup Sidharta Gautama hingga mencapai pencerahan sempurna terdapat disini,

6. Wakatobi (Sulawesi Tenggara)

Suguhan wisata bawah laut yang dimiliki Taman Nasional Wakatobi, mampu menjanjikan surga bawah laut yang hanya ada di Kawasan Timur Indonesia. Dimana didalam kawasannya merupakan tempat terumbu karang tunggal terbesar di dunia, dan sekitar 750 jenis terumbu karang beserta biota laut yang masih alami. Juga terdapat 25 gugusan terumbu karang dengan hamparan terumbu karang yang terbentang luas dengan topografi bawah laut yang kompleks seperti bentuk slope, flat, drop off, atoll dan underwater cave. Selain kekayaan biota laut yang beraneka ragam kawasan Wakatobi termasuk dalam kawasan segitiga karang dunia. Tentu dengan keanekaragaman hayati yang dimiliki Taman Nasional Wakatobi ini, tak heran menjadi surga bagi para traveler khususnya penyelam dari berbagai penjuru dunia.

7. Danau Toba (Sumatera Utara)

Memiliki peringkat sebagai danau terbesar dan terdalam se Asia Tenggara dan danau vulkanik terbesar di dunia, menjadikan danau toba tak lekang oleh wisatawan manca. Dulunya danau Toba adalah sebuah gunung besar yang meletus, konon letusannya terdasyat dalam sejarah umat manusia. Nah, dari letusan tersebut akhirnya menghasilkan sebuah cekungan besar yang sekarang menjadi danau Toba. Ukuran panjangnya sekitar 100 kilometer dan lebarnya kurang lebih 30 kilometer, yang ditengah-tengahnya  terdapat pulau vulkanik yang bernama Pulau Samosir.

8. Taman Laut Bunaken (Sulawesi Utara)

Sepertinya kawasan bawah laut Indonesia bagian timur, sudah lebih dari cukup menjanjikan surga bawah laut yang mempesona. Sebuah taman laut yang berada di teluk Manado, yaitu Taman Laut Bunaken mampu memikat hati wisatawan asing khususnya para penyelam dunia untuk mengunjunginya. Bagaimana tidak, dalam kawasan bawah laut Bunaken terdapat keindahan bawah laut yang sulit ditemukan di negara lain. Dimana dalam taman laut ini terdapat 13 jenis terumbu karang yang didominasi dengan bebatuan laut. Dan juga pemandangan terumbu karang yang menjulang ke bawah sedalam kurang lebih 25-50 meter, serta memiliki kurang lebih 91 jenis ikan di sekitarnya, mampu memanjakan mata saat berada di bawah laut. Selain itu, di Taman Laut Bunaken memiliki fasilitas scuba diving di 20 titik penyelaman terbaik, dimana penyelam berkesempatan berenang di dasar laut dengan beragam biota laut yang menakjubkan.

Demikian 8 objek wisata Indonesia yang mendunia saat ini, tetapi tujuan objek wisata populer oleh wisatawan manca masih banyak terdapat di Indonesia...

    Baca juga :
  1. Sungai Tamborasi - sungai terpendek di dunia
  2. Pantai Derawan yang menggoda UNESCO ditahun 2015
Share
Kampoeng Terkait
Komentar